Hai Traveler, Sudahkah Anda Jalankan 3 Prinsip Ini?

Let's share! :)

prinsip traveling

Akhir 2014 lalu pemberitaan media lokal pernah menyorot aksi lima pendaki gunung yang berpose bahagia memegang segenggam bunga Edelweiss, padahal bunga itu termasuk tanaman yang terancam punah. Tak hanya kenakalan di dalam negeri, Gunung Fuji di Jepang juga pernah mendapat aksi vandalisme berupa tulisan “Cla-X Indonesia”. Diduga traveler yang meninggalkan tulisan tidak bertanggung jawab tersebut berasal dari Klaten karena istilah “Cla-X” populer di kalangan pelajar SMP maupun SMA di Jawa Tengah. Sungguh memalukan!

Sebagai traveler yang bijak dan bertanggung jawab, ada 3 prinsip dasar yang perlu Anda ketahui. Jangan sampai demam batu akik yang melanda sekarang ini membuat Anda membongkar bongkahan batu ketika sedang berwisata.

Apakah Anda sudah menjalankan 3 prinsip dibawah ini?

1. Jangan ambil apapun kecuali gambar (Don’t take anything but pictures)

Meskipun menemukan benda alam atau hewan lucu, habitat mereka tetap bukan bersama Anda. Jauhkan niatan untuk mengambil dan beralih dengan memotret alam. Berfoto sepuas yang Anda inginkan tetapi ingat jangan berfoto membawa resiko demi selfie atau terlihat keren. Kejadian pendaki gunung yang terjatuh ke Kawah Gunung Merapi dapat menjadi pelajaran yang sangat berharga buat kita.

2. Jangan bunuh apapun kecuali waktu (Don’t kill anything but times)

Tidak ada alasan apapun dalam berwisata Anda dapat membunuh makhluk bernyawa. Lakukan kegiatan yang menyenangkan dan berguna untuk menghabiskan waktu.

3. Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak kaki (Don’t leave anything but foot prints)

Dua pantai berpasir putih yaitu Pantai Baloiya dan Pantai Tinabo Besar di Sulawesi Selatan mendapat kiriman sampah hingga memenuhi pesisir. Mirisnya, sampah tersebut berasal dari laut lepas bukan dari masyarakat setempat! Hanya jejak kaki yang boleh Anda tinggalkan, itupun bukan jejak kaki diatas terumbu karang.

Ayo sebarkan pengetahuan ini agar semakin banyak orang yang menjadi traveler bertanggung jawab.

Parkia Adventure adalah penyedia jasa Team Bulding di Jakarta, Pulau Seribu, Bali dan Luar Jawa yang dapat membantu Anda dalam penyelenggaraan outing atau gathering perusahaan. Parkia juga menyediakan jasa Pembangunan Wahana Outbound serta pengelolaannya. Informasi lebih lanjut hubungi halo@parkia.id atau 0812-9509-9454.


Let's share! :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *