Liburan Saat Musim Hujan, Ini Tempat Wisata yang Cocok

Let's share! :)

Penghujung tahun 2015 ini terdapat beberapa kesempatan mengambil cuti panjang untuk berlibur. Memang waktu yang menyenangkan, tutup tahun dan liburan. Namun berlibur di akhir tahun harus memilih destinasi wisata yang tepat lantaran musim penghujan belum selesai.

4 kota berikut dapat menjadi tujuan liburan musim hujan, lengkap dengan destinasi wisata yang terdapat disana seperti indoor theme park, museum, cafe, serta tempat pertunjukan yang akan membuat liburan semakin seru dan menyenangkan!

1. Bali

Liburan Musim Hujan

Sumber Foto : Wapa De Ume – tripadvisor.com, Don Antonio Blanco Museum – munaribali.com, Joger – Bookingdibali.com & Krisna – shktravel.com

Meski tersohor karena pantai-pantainya nan eksotis namun Pulau Bali memiliki seribu cara untuk menarik wisatawan dengan pesona alam dan budayanya. Saat liburan musim hujan di Bali, aktivitas seperti spa, cooking lesson, berkunjung ke museum, dan belanja oleh-oleh khas Bali layak untuk dicoba.

Ubud dapat menjadi pilihan yang tepat untuk relaksasi tubuh dan pikiran. Menikmati rintikan air hujan, pemandangan sawah, dan kesejukan alam Ubud. Banyak resort bernuansa alam yang dapat dipilih, salah satunya Wapa De Ume Resort and Spa yang terletak di Jl. Suweta, Br. Bentuyung, Ubud. Selain menawarkan fasilitas resort atau penginapan, di Wapa De Ume Anda dapat melakukan aktivitas seperti spa, yoga dan belajar memasak masakan tradisional Bali.

Setelah bersantai di resort, Don Antonio Blanco Museum menanti untuk dikunjungi. Museum ini masih berada di wilayah Ubud tepatnya di Jl. Raya Penestanan. Museum yang didirikan oleh pelukis legendaris berdarah Spanyol-Amerika, Don Antonio Blanco menyimpan koleksi 300 lukisan Antonio Blanco dan 100 lukisan pribadinya sendiri.

Untuk tempat belanja yang nyaman, Bali memiliki berbagai lokasi wisata belanja. Sebut saja Pasar Sukowati, Pasar Ubud, Krisna, Erlangga serta Pabrik Kata-Kata Joger. Semua lokasi tersebut dirancang nyaman untuk berbelanja meski dalam kondisi hujan.

2. Daerah Istimewa Yogyakarta

Liburan Musim Hujan

Sumber Foto : De Mata 3D Museum – momtravelerblog.wordpress.com, Sendratari Ramayana – farmagazine.squarespace.com, Museum Ullen Sentalu – mataharipagi.com & Beukenhof Restaurant – twosisterboard.wordpress.com

Seperti kita ketahui, D.I. Yogyakarta atau Jogja merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Kota yang tenang dan ramah ini rasanya pas dikunjungi saat musim apapun. Saking menyenangkannya kota ini, sampai-sampai ada imajinasi dari netizen yang mengatakan bahwa “Mungkin Tuhan sedang tersenyum ketika menciptakan Jogja”.

Beberapa tempat wisata berikut bisa dicoba untuk dikunjungi saat berlibur di musim hujan di Jogja, yakni De Mata Trick Eye Museum, Sendratari Ramayana, Museum Ullen Sentalu dan Beukenhof Restaurant.

De Mata Trick Eye Museum yang baru berdiri pada tahun 2013 menambah list tujuan wisata ketika di Jogja. Museum yang terletak di XT Square, Jl. Veteran, Pandeyan ini memiliki koleksi 120 lukisan 3D berupa alam, public figure, superhero, olahraga, ornamen dan lain-lain.

Menikmati liburan musim hujan di Jogja juga bisa diisi dengan menonton kisah perjalanan Rama dalam menyelamatkan istrinya Sinta yang diculik oleh Raja Negara Alengka, Rahwana dalam kisah Sendratari Ramayana. Pada saat musim hujan pementasan Sendratari Ramayana digelar di panggung tertutup dengan jadwal pementasan pada hari Kelasa, Kamis dan Sabtu pukul 19.00 s/d 21.00.

Museum yang wajib dikunjungi ketika berwisata di Jogja adalah Museum Ullen Sentalu yang tepatnya berada di daerah Pakem, Kaliurang. Museum ini memiliki aneka koleksi budaya Jawa peninggalan Kerajaan Mataram. Harga tiket masuk museum sebesar Rp 30,000 dengan jam operasional pada hari Selasa s/d Jum’at pukul 08.30 s/d 16.00 WIB dan hari Sabtu dan Minggu pukul 08.30 s/d 17.00 WIB.

Di Museum Ullen Sentalu tepatnya di lantai dua terdapat Restoran bernama Beukenhof Restaurant. Beukenhof Restaurant menawarkan menu makanan western seperti steak dan pasta. Untuk makan di Beukenhof Restaurant hanya bisa dilakukan pada hari Selasa sampai dengan Minggu dengan jam buka pukul 08.30 sampai 16.00 WIB. Namun jika menginginkan makan malam disana harus melakukan reservasi terlebih dahulu ke Beukenhof Restaurant.

3. Bandung

Liburan Musim Hujan

sumber foto : TSB – sekilasharga.com, Museum Geologi – bdg.co.id, Sumber Hidangan – pulassin.wordpress.com & Kedai Kopi Purnama – satyawinnie.com

Julukan Paris Van Java atau Paris dari Jawa yang diberikan oleh warga Eropa saat zaman kolonial Belanda masih begitu mewakili kota Bandung hingga saat ini. Geliat industri fashion, kuliner hingga arsitektur serta tatanan kota yang kian elok menjadikan Bandung kota yang menyenangkan untuk dikunjungi. Berlibur saat musim hujan di Bandung adalah pilihan yang tepat karena disana memiliki tempat wisata yang sangat menarik tanpa perlu takut terguyur hujan.

Trans Studio Bandung (TSB) merupakan salah satu theme park indoor di Indonesia. Berada di Jalan Gatot Subroto No.289 menawarkan berbagai permainan dengan 20 macam wahana yang dibagi menjadi 3 area yaitu magic corner, studio central, dan lost city. Cobalah tantang adrenalin Anda dengan bermain di wahana Negeri Raksasa, Vertigo atau Giant Swing.

Jika ingin mengisi liburan dengan menambah pengetahuan, Museum Geologi di Jl. Diponegoro No. 57 dapat dikunjungi. Disana terdapat koleksi sejarah kehidupan dan pelestarian alam dalam bentuk bebatuan, fosil dan juga mineral. Tentunya Museum Geologi dapat menjadi tujuan wisata edukatif bersama buah hati.

Mengenai eksplorasi wisata kuliner, ada tempat unik di Bandung berkonsep One Stop Holiday yang diisi dengan bangunan bergaya tempo doeloe. Ya, Jalan Braga namanya. Sepanjang Jalan Braga terdapat beragam pilihan tempat kuliner, hotel, tempat belanja dan bangunan-bangunan keren yang bisa dijadikan spot untuk berfoto. Salah satu tempat makan yang dapat dicoba adalah Sumber Hidangan dan Kopi Purnama. Sumber Hidangan berada di Jl. Braga no 20-22. Berdiri pada tahun 1929, Sumber Hidangan menyediakan berbagai macam bakery, kue, dan aneka masakan lainnya yang resepnya sama seperti tahun 1929. Sedangkan untuk para penikmat kopi, Anda bisa mencoba ngopi di Warung Kopi Purnama yang legendaris. Warung Kopi Purnama yang telah berdiri sejak tahun 1930 menyajikan kopi asli dari pabrik Kopi Aroma Bandung.

4. Jakarta

Liburan Musim Hujan

Sumber Foto : Sea World Indonesia-  hargatiketmasuk.com & TIM – en.wikipedia.com

Di tengah kesibukan kota Jakarta, kota ini tetap bisa menjadi destinasi untuk berwisata. Baik di musim hujan maupun saat panas. Destinasi wisata yang tepat untuk mengajak keluarga saat musim hujan tiba adalah Sea World Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Taman Ismail Marzuki (TIM).

Menemui beragam biota laut yang menjadi koleksi Sea World Indonesia bisa menjadi pengalaman menyenangkan untuk buah hati, sangat cocok untuk wisata bertema edukasi. Sea World juga memiliki beberapa program khusus yang dapat diikuti oleh pengunjung, seperti Program Klub Si Woli yang menjaring anak-anak usia 5-17 tahun untuk lebih mencintai alam.

Selain Sea World, TMII dan TIM juga memiliki tipe wisata yang sama yaitu edukatif. Beragam eksplorasi pengetahuan alam dan budaya dapat digali dengan menyenangkan.

Well, selamat liburan musim hujan, traveler!

[awu/sa]

Baca Juga: Tips Liburan Saat Musim Hujan

Parkia Adventure adalah penyedia jasa Team Building di Jakarta, Pulau Seribu, Bali dan Luar Jawa yang dapat membantu Anda dalam penyelenggaraan outing atau gathering perusahaan. Parkia juga menyediakan jasa Pembangunan Wahana Outbound serta pengelolaannya. Informasi lebih lanjut hubungi halo@parkia.id atau 0812-9509-9454.


Let's share! :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *