Team Building Training untuk Karyawan, Pemborosan atau Investasi?

Let's share! :)

team building untuk karyawan

Dalam buku “Inside Drucker’s Brain”, Peter Drucker seorang Bapak Manajemen Modern dari California memberikan nasehat mengenai krisis dalam manajemen.

“Anda tidak pernah bisa mencegah terjadinya malapetaka hebat, tapi Anda bisa membangun organisasi yang siap tempur, memiliki moral tinggi dan pernah mengalami krisis. Tahu bagaimana bertindak, mempercayai dirinya sendiri dan menjadi tempat orang-orang saling percaya karena tanpa kepercayaan mereka tidak akan mau berjuang”.

Peter Drucker seringkali mengingatkan pentingnya peran pemimpin yang memiliki visi, yang mampu mengurus orang-orang dalam perusahaan. Membentuk tim, menyamakan visi dan menumbuhkan rasa saling percaya bukanlah perkara yang bisa beres dalam sehari. Perlu usaha terus menerus dari seorang pemimpin dalam memotivasi dan mengarahkan timnya dalam mencapai target dan tujuan yang telah ditetapkan.

Mungkin terdengar sangat teoritis, namun disinilah seni dalam membangun tim yang kuat. Jika seorang pemimpin hanya berpikir target, profit, bayar overhead dan gaji karyawan, bisa diprediksi bahwa karyawan yang bekerja disana hanya termotivasi oleh gaji bulanan demi dapur ngebul. Gaya manajemen seperti itu mungkin bisa membuat pemilik cepat meraup untung dalam waktu singkat tapi tidak pernah memiliki tim yang solid serta orang-orang kunci yang dapat diandalkan untuk berinovasi.

Jika Anda meyakini karyawan adalah aset dan kekuatan tim adalah roda untuk melajunya perusahaan, tentunya Team Building Training menjadi investasi. Prinsip investasi adalah sesuatu yang dapat dirasakan manfaatnya jangka panjang. Bukan sesuatu yang instan. Tidak langsung berefek kepada peningkatan angka penjualan, tetapi Anda bisa melihat bagaimana hasil investasi terhadap tim Anda ketika perusahaan mendapat situasi krisis atau ancaman-ancaman dari luar. Dan melihat bagaimana tim Anda dapat berpikir lebih kreatif karena pikirannya refresh dan mempercayai perusahaan tempat mereka bekerja mengajak tumbuh bersama.

Sejauh Anda dapat memilih orang-orang yang tepat untuk menjadi bagian dalam tim, maka memberikan pelatihan salah satunya Team Building untuk karyawan, gaji, tunjangan dan bonus yang layak bukanlah pemborosan dalam perusahaan. Pemimpin berperan besar dalam membangun tim dan mempertahankannya agar terus produktif. “If you pay peanuts, you get monkey”, right? 🙂

Parkia Adventure adalah penyedia jasa Team Building di Jakarta, Pulau Seribu, Bali dan Luar Jawa yang dapat membantu Anda dalam penyelenggaraan outing atau gathering perusahaan. Parkia juga menyediakan jasa Pembangunan Wahana Outbound serta pengelolaannya. Informasi lebih lanjut hubungi halo@parkia.id atau 0812-9509-9454.


Let's share! :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *