6 Tradisi Unik Sambut Lebaran yang Hanya Ada di Indonesia

by Parkia Adventure 2015-07-10T09:09:13

Lain daerah lain pula tradisinya dalam menyambut Lebaran Idul Fitri. Berbagai bentuk tradisi yang hanya ada di Indonesia memiliki benang merah yang sama, yaitu kekeluargaan. Berikut ini 6 tradisi unik dari Aceh hingga Gorontalo yang pasti seru Anda ikuti saat berada disana.

1. Meugang di Aceh

tradisi unik sambut lebaran di Indonesia

Foto: hiumerah.wordpress.com

Tradisi Meugang dilaksanakan 3 kali setahun di Aceh yakni sebelum Ramadan, saat Idul Adha dan Idul Fitri. Meugang atau Makmeugang adalah tradisi menyembelih kurban berupa kambing atau sapi yang kemudian dimasak dan dinikmati bersama dengan keluarga, kerabat dan yatim piatu.

Adalah pantang jika keluarga Aceh tidak memasak daging pada hari Meugang karena masyarakat disana memegang tradisi dan keyakinan bahwa nafkah yang dicari selama 11 bulan harus disyukuri dalam bentuk tradisi Meugang.

2. Nujuhlikur di Bengkulu

tradisi unik sambut lebaran di Indonesia

Foto: travel.detik.com

Nujuhlikur berarti malam ke-27 Ramadan dimana masyarakat Bengkulu akan membakar Lujuk yaitu tempurung kelapa yang disusun vertikal seperti obor. Tradisi bakar-bakaran ini digelar di lokasi yang telah ditentukan sebelumnya dan diikuti oleh warga dewasa dan anak-anak. Biasanya sambil menunggu api di Lujuk padam, berbagai kudapan dapat dinikmati. Tradisi ini tentunya dapat membuat hubungan antar warga kian erat.

3. Bedulang, Pesta Makan di Bangka

tradisi unik sambut lebaran di Indonesia

Foto: disgiovery.com

Usai bermaaf-maafan, masyarakat Bangka memiliki cara unik untuk dinikmati bersama. Makan Begawa yang berarti makan bersama, tetapi karena penyajiannya dengan dulang atau tudung saji maka disebut juga Makan Bedulang.

Makan Bedulang tidak boleh menggunakan sendok, maka diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Mencuci tangan juga ada aturan sendiri yakni orang paling tua harus mendapat urutan pertama dan yang muda mendapat giliran paling akhir. Satu bedulang berisi berbagai lauk pauk menggugah selera lengkap dengan nasi merah, buah dan jus.

4. Pawai Pedati di Jember

tradisi unik sambut lebaran di Indonesia

Pawai Pedati atau Pawai Pegon biasa digelar dihari lebaran ketujuh. Puluhan pedati yang setiap hari dipakai warga Jember untuk mengangkut pasir dan hasil panen, dialihfungsikan untuk membawa keluarga keliling desa hingga pesisir Pantai Watu Ulo. Tak lupa, pedati dihias dengan janur kuning dan hasil bumi.

Sesampainya di Pantai Watu Ulo, setiap anggota keluarga akan menyantap ketupat dan berbagi hidangan yang telah dibawa. Tradisi ini selalu terasa kental dengan suasana kekeluargaan.

 

5. Grebeg Syawal Berebut Hasil Bumi di Yogyakarta

tradisi unik sambut lebaran di Indonesia

Foto: zimbio.com

Jika Anda mudik ke Yogya pastikan tidak melewati tradisi Grebeg Syawal yang merupakan wujud sedekah dari Raja kepada rakyatnya. Grebeg Syawal disimbolkan oleh Gunung Lanang yang berisi berbagai sayuran dan hasil bumi disusun secara rapi dan menjulang tinggi.

Prosesi Grebeg Syawal dilakukan setelah shalat Ied disekitar Alun-alun Utara Yogyakarta. Jangan lengah, karena begitu dimulai semua orang akan berebut sekuat tenaga dan secepat kilat. Aksi saling dorong untuk mengambil isi gunungan bisa saja terjadi.

6. Tumbilotohe di Gorontalo

tradisi unik sambut lebaran di Indonesia

Foto: omarniode.org

Tumbilotohe adalah tradisi pasang lampu minyak sebagai tanda bakal berakhirnya bulan suci Ramadhan di Gorontalo, biasa dilaksanakan pada tiga malam terakhir menjelang Hari Raya Idul Fitri. Berasal dari kata ’tumbilo’ yang berarti pasang dan ‘tohe’ berarti lampu, tradisi ini sudah berlangsung sejak abad XV yang terus dipertahankan hingga sekarang.

Lampu-lampu minyak yang dipasang di tanah lapang disusun dengan berbagai formasi hingga membentuk gambar masjid, kitab suci Alquran dan kaligrafi yang mempesona. Ini merupakan waktu yang sangat tepat untuk menikmati kota Gorontalo dengan sangat terang benderang.

Parkia Adventure adalah penyedia jasa Team Building di Jakarta, Pulau Seribu, Bali dan Luar Jawa yang dapat membantu Anda dalam penyelenggaraan outing atau gathering perusahaan. Parkia juga menyediakan jasa Pembangunan Wahana Outbound serta pengelolaannya. Informasi lebih lanjut hubungi halo@parkia.id atau 0812-1300-0767.

Inspirations
Blog

Liburan Saat Musim Hujan, Ini Tempat Wisata yang Cocok

Penghujung tahun 2015 ini terdapat beberapa kesempatan mengambil cuti panjang untuk berlibur. Memang waktu yang menyenangkan, tutup tahun dan liburan. Namun berlibur di akhir tahun harus memilih destinasi wisata yang ...

View more
Blog

Kumpulan Tema Gathering dan Outing Kantor yang Bisa Jadi Inspirasi

Acara gathering perusahaan atau outing kantor selalu memiliki tema yang diusung selama kegiatan berlangsung. Biasanya, tema gathering merupakan kalimat positif berisi harapan perusahaan akan kemajuan usaha, kekompakan...

View more
Blog

10 Penginapan Bernuansa Alam di Bandung untuk Gathering Perusahaan

Bandung adalah salah satu lokasi favorit untuk menyelanggarakan kegiatan seperti gathering perusahaan. Dengan iklim yang sejuk, penginapan di Bandung mampu menyuguhkan suasana rileks yang menyenangkan. Berikut 10 reko...

View more
Kontak WA Wakalahmu